PENEMU SINAR X “RÒNTGEN”


Pada tanggal,8 November 1895 pertama kali ditemukan Sinar-X penemuan itu di ciptakan berkat ketekunannya melakukan percobaan-percobaan oleh Wilhelm Conrad Ròntgen (1845-1908), walau itu hasil karya orang lain. Dimaksudkan agar penemuan itu dapat dikembangkan lebih luas lagi dan bermamfaat baagi manusia.
Di dalam laboratorium Ròntgen, ia selalu mengadakan penelitian tentang akibat yang sesungguhnya, yang dapat menimbulkan cahaya yang datang dari sebuah tabung mengelembung yang bentuknya menyerupai bola lampu yang didalam nya terdapat anoda dan katoda. Katoda berupa filamen yang dapat berpijar dan mengeluarkan elektron. Dan jika anoda dan katoda dipasang akan menimbulkan tegangan yang tinggi, maka elektron-elektron dari katoda tersebut akan ditarik kearah anoda dengan kecepatan dan energi yang besar, maka dari anoda itu akan keluar sejenis sinar yang mempunyai daya tembus yang sangat kuat. Kemudian Ròntgen menyebut sinar itu sinar-X.
Pada tahun 1896 Ròntgen segera mempertunjukkan hasil penemuannya, tepatnya tiga bulan setelah penemuan itu.pada saat itu musim dingin di ruang belajar di Universitas Bavaria,Jerman. Dalam kesempatan tersebut Ròntgen dibantu oleh seorang kawannya, yaitu seorang ahli ilmu hayat yang sudah berusia 80 tahun bernama Rudolph Albert von Kolliker, yang berdiri didepan sebuah alat yang masih sederhana dan meletakkan tangannya didekat sebuah kaca, yang merupakan bagian daripada alat tersebut.
Sesaat kemudian, Ròntgen menekan tombol listriknya dan seketika itu pula sebagai akibatnya, cahaya merah muncul pada kaca tadi, ketika hal itu berlangsung, Ròntgen membuat potret atas tangan temannya itu. Setelah itu dalam waktu yang sangat singkat, gambarnya telah jadi dan dipertunjukkan kepada para pengunjung. Hasilnya luar biasa tulang-tulang tangan von Kolliker terlihat jelas dalam gambar tersebut. Disinilah saatnya pertama orang melihat gambar yang diambil dengan sinar-X dan von Kolliker adalah orang yang pertama yang sebagian tubuhnya dipotrek dengan sinar-X.
Sinar-X yang sekarang terkenal dengan sebutan sinar Ronsen (Ròntgen), sudah amat berjasa dalam dunia ilmu pengetahuan, terutama dalam ilmu kedoktoran sebagai alat pemeriksa.
Sumber: Buku judul : Ilmuan dan Penemunya yang ditulis oleh Yulan Eka T. Penerbit Sinar Pengetahuan, Jakarta tahun1986.

Yoesmedi avatar

Yoesmedi

mari jalin persahabatan tanpa tuntutan

You may also like...

Like this post and Leave a comment.

Comments

No comments yet